Menilai KI-1 dan KI-2 Terbaru

Berkaitan dengan sikap pada level tinggi adalah
"menghargai nilai, menghayati nilai, mengamalkan nilai."

Apa itu menghargai nilai?
Menghargai nilai adalah menganggap nilai tersebut baik, menyukai nilai tsb, dan komitmen thdp nilai tsb.

Penanda bhw anak "menghargai" nilai di antaranya adalah:
- siswa mengasumsikan nilai tsb dijalankan
- siswa melengkapi kesempurnaan nilai
- siswa memperjelas nilai tsb
- siswa memprakarsai berjalannya nilai
- siswa mengundang/mendakwahkan nilai
- siswa menggabungkan nilai2
- siswa mengusulkan berlakunya nilai
- siswa menekankan pentingnya nilai
- siswa menyumbang kelancaran berjalannya nilai

"Menghayati nilai".
Apa itu menghayati nilai? 
Menghayati nilai tdk lain adalah memasukkan nilai tsb sbg bagian dari sistem nilai dirinya.
Penanda bhw anak "menghayati" nilai di antaranya adalah:
- siswa menganut nilai tsb
- siswa mengubah diri sesuai nilai tsb
- siswa menata diri sesuai nilai tsb
- siswa mengklasifikasi nila2
- siswa mempertahankan berlakunya nilai
- siswa mengombinasikan bbrp nilai
- siswa membangun nilai tsb dlm diri
- sidwa membentuk pendapat/opini ttg kebaikan nilai tsb
- siswa memadukan beberapa nilai dlm penerapan
- siswa mengelola diri dan lingkungan sesuai nilai
- siswa mengasosiasi/menalar menggunakan nilai
- siswa merembuk nilai dan pelaksanaannya
- mengubah perilaku sesuai nilai
- siswa berperilaku baik sesuai nilai

"Mengamalkan nilai".
Apa itu mengamalkan nilai?
Mengamalkan nilai tdk main adalah: mengembangkan nilai tsb sebagai ciri dirinya dalam berpikir, berkata, berkomunikasi, dan bertindak.

Penanda bhw anak "mengamalkan nilai, di antaranya adalah:
- siswa mempengaruhi/mempersuasi orang lain untuk menjalankan nilai
- siswa mengaktualisasi nilai dalam pikiran, ucapan, dan tindakan
- siswa melayani berjalannya nilai
- siswa membuktikan nilai tsb dlm praktik
- siswa memberi solusi berdasar nilai                        

Taksonomi sikap
1.       PENERIMAAN:
Kemampuan untuk menunjukkan atensi dan penghargaan terhadap orang lain
Contoh: mendengar pendapat orang lain, mengingat nama seseorang
Kata kerja kunci MENERIMA NILAI: menanyakan, mengikuti, memberi, menahan / mengendalikan diri, mengide GCntifikasi, memperhatikan, menjawab

2.       RESPONSIF/MERESPIN NILAI Kemampuan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan selalu termotivasi untuk segera bereaksi dan mengambil tindakan atas suatu kejadian.
Contoh: berpartisipasi dalam diskusi kelas
Kata kerja kunci MERESPON: Menjawab, membantu, mentaati, memenuhi, menyetujui, mendiskusikan, melakukan, memilih, menyajikan, mempresentasikan, melaporkan, menceritakan, menulis, menginterpretasikan, menyelesaikan, mempraktekkan.

3.       NILAI DIRI YG DIANUT/MENGHARGAI NILAI: Kemampuan menunjukkan nilai yang dianut untuk membedakan mana yang baik dan kurang baik terhadap suatu kejadian/obyek, dan nilai tersebut diekspresikan dalam perilaku.
Contoh: Mengusulkan kegiatan Corporate Social Responsibility sesuai dengan nilai yang berlaku dan komitmen perusahaan.
Kata kerja kunci MENGHARGAI : Menunjukkan, mendemonstrasikan, memilih, membedakan, mengikuti, meminta, memenuhi, menjelaskan, membentuk, berinisiatif, melaksanakan, memprakarsai, menjustifikasi, mengusulkan, melaporkan, menginterpretasikan, membenarkan, menolak, menyatakan / mempertahankan pendapat

4.       PENGHAYATAN/ORGANISASI:
Kemampuan membentuk sistem nilai dan budaya organisasi dengan mengharmonisasikan perbedaan nilai.
Contoh: Menyepakati dan mentaati etika profesi, mengakui perlunya keseimbangan antara kebebasan dan tanggung jawab
Kata kerja kunci MENGHAYATI:  Mentaati, mematuhi, merancang, mengatur, mengidentifikasikan, mengkombinasikan, mengorganisir, merumuskan, menyamakan, mempertahankan, menghubungkan, mengintegrasikan, menjelaskan, mengaitkan, menggabungkan, memperbaiki, menyepakati, menyusun, menyempurnakan, menyatukan pendapat, menyesuaikan, melengkapi, membandingkan, memodifikasi

5.       KARAKTERISASI/   MENGAMALKAN:
Kemampuan mengendalikan perilaku berdasarkan nilai yang dianut dan memperbaiki hubungan intrapersonal, interpersonal dan sosial.
Contoh: Menunjukkan rasa percaya diri ketika bekerja sendiri, kooperatif dalam aktivitas kelompok
Kata kerja kunci MENGAMALKAN: Melakukan, melaksanakan, memperlihatkan, membedakan, memisahkan, menunjukkan, mempengaruhi, mendengarkan, memodifikasi, mempraktekkan, mengusulkan, merevisi, memperbaiki, membatasi, mempertanyakan, mempersoalkan, menyatakan, bertindak, Membuktikan, mempertimbangkan                       

Menerima
Menerima (Receiving)
Memilih, Mempertanyakan, Mengikuti, Memberi, Menganut, Mematuhi, Meminati

Mendengar
Menanyakan, Menahan diri/Mengendalikan diri, Mengidentifikasi, Memperhatikan, Menjawab

Menanggapi
Merespon (Responding)

Menjawab
Membantu, Mengajukan, Mengompromikan, Menyenangi, Menyambut, Mendukung, Menyetujui, Menampilkan, Melaporkan

Memilih
Mengatakan, Memilah, Menolak, Mentaati, Memenuhi, Mendiskusikan, Melakukan, Menyajikan, Mempresentasikan, Menceritakan, Menulis, Menginterpretasikan, Menyelesaikan, Mempraktikkan

Menilai
Menghargai (Valuing)

Mengasumsikan
Meyakini, Melengkapi, Meyakinkan, Memperjelas, Memprakarsai, Mengimani, Mengundang, Menggabungkan, Mengusulkan, Menekankan, Menyumbang, Menunjukkan, Mendemonstrasikan, Memilih, Membedakan, Mengikuti, Meminta, Memenuhi, Menjelaskan, Membentuk, Berinisiatif, Melaksanakan, Menjustifikasi, Melaporkan, Menginterpretasikan, Membenarkan, Menolak, Menyatakan pendapat / Mempertahankan Pendapat, Menghayati

Mengorganisasi (Organization)
Menganut, Mengubah, Menata, Mengklasifikasikan, Mengombinasikan, Mempertahankan, Membangun, Membentuk pendapat, Memadukan, Mengelola, Menegosiasi, Merembuk, Mentaati,
Mematuhi, Merancang, Mengatur, Mengidentifikasikan, Mengorganisir, Merumuskan, Menyamakan, Menghubungkan, Mengintegrasikan, Menjelaskan, Mengaitkan, Menggabungkan, Memperbaiki, Menyepakati, Menyusun, Menyempurnakan, Menyatukan pendapat, Menyesuaikan, Melengkapi, Membandingkan, Memodifikasi, Mengamalkan

Karakterisasi (Characterization)
 Mengubah perilaku, Berakhlak mulia, Mempengaruhi, Mendengarkan, Mengkualifikasi, Melayani
Menunjukkan, Membuktikan, Memecahkan, Membiasakan, Melakukan, Melaksanakan, Memperlihatkan, Membedakan, Memisahkan, Memodifikasi, Mempraktikkan, Mengusulkan, Merevisi, Memperbaiki, Membatasi, Mempertanyakan, Mempersoalkan, Menyatakan, Bertindak,

Mempertimbangkan 
Learning Taxonomy – Simpson’s Psychomotor Domain                       
Dave
1. Immitation
Observing and patterning behavior after someone else. Perfor­mance may be of low quality                        
Keywords copy, follow, mimic, repeat, replicate, reproduce, trace              
        
2. MANIPULATION
Being able to perform certain actions by memory or following instru­ctions.                       
Example:
Copying a work of art. Performing a skill while observing a demons­trator.                       
Keywords
act, build, execute, perform                       
Exp
Being able to perform a skill on one's own after taking lessons or reading about it. Follows instru­ctions to build a model.                       
3. PRECISION
Refining, becoming more exact. Performing a skill within a high degree of precision                        
Exp
Working and reworking something, so it will be “just right.” Perform a skill or task without assist­ance. Demons­trate a task to a beginner.                       
Keywords
adapt, constr­ucts, combine, creates, customize, modifies, formulate                       
Maaf, keyword untuk precision di atas keliru. Yg bener ini:
Keywords precision
calibrate, demons­trate, master, perfec­tionism                       
4. ARTICULATION
Coordi­nating and adapting a series of actions to achieve harmony and internal consis­tency.                       
Exp
Combining a series of mastulus@yahoo.co.id to produce a video that involves music, drama, color, sound, etc. Combining a series of skills or activities to meet a novel requir­ement.                        
Keywords
adapt, constr­ucts, combine, creates, customize, modifies, formulate                       
5. NATURALISATION. Mastering a high level perfor­mance until it become second­-nature or natural, without needing to think much about it.                        
Keywords
create, design, develop, invent, manage, naturally                       
Exp

Maneuvers a car into a tight parallel parking spot. Operates a computer quickly and accura­tely. Displays competence while playing the piano. Michael Jordan playing basketball or Nancy Lopez hitting a golf ball.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEBERADAAN, PENGARUH DAN HUBUNGAN AGAMA HINDU DENGAN KONSEPSI ESTETIKA DI BALI

Take Home Landasan Pendidikan