Menilai KI-1 dan KI-2 Terbaru
Berkaitan dengan sikap pada level tinggi adalah
"menghargai nilai, menghayati nilai, mengamalkan
nilai."
Apa itu menghargai nilai?
Menghargai nilai adalah menganggap nilai tersebut baik,
menyukai nilai tsb, dan komitmen thdp nilai tsb.
Penanda bhw anak "menghargai" nilai di antaranya
adalah:
- siswa mengasumsikan nilai tsb dijalankan
- siswa melengkapi kesempurnaan nilai
- siswa memperjelas nilai tsb
- siswa memprakarsai berjalannya nilai
- siswa mengundang/mendakwahkan nilai
- siswa menggabungkan nilai2
- siswa mengusulkan berlakunya nilai
- siswa menekankan pentingnya nilai
- siswa menyumbang kelancaran berjalannya nilai
"Menghayati nilai".
Apa itu menghayati nilai?
Menghayati nilai tdk lain adalah memasukkan nilai tsb sbg
bagian dari sistem nilai dirinya.
Penanda bhw anak "menghayati" nilai di antaranya
adalah:
- siswa menganut nilai tsb
- siswa mengubah diri sesuai nilai tsb
- siswa menata diri sesuai nilai tsb
- siswa mengklasifikasi nila2
- siswa mempertahankan berlakunya nilai
- siswa mengombinasikan bbrp nilai
- siswa membangun nilai tsb dlm diri
- sidwa membentuk pendapat/opini ttg kebaikan nilai tsb
- siswa memadukan beberapa nilai dlm penerapan
- siswa mengelola diri dan lingkungan sesuai nilai
- siswa mengasosiasi/menalar menggunakan nilai
- siswa merembuk nilai dan pelaksanaannya
- mengubah perilaku sesuai nilai
- siswa berperilaku baik sesuai nilai
"Mengamalkan nilai".
Apa itu mengamalkan nilai?
Mengamalkan nilai tdk main adalah: mengembangkan nilai tsb
sebagai ciri dirinya dalam berpikir, berkata, berkomunikasi, dan bertindak.
Penanda bhw anak "mengamalkan nilai, di antaranya
adalah:
- siswa mempengaruhi/mempersuasi orang lain untuk
menjalankan nilai
- siswa mengaktualisasi nilai dalam pikiran, ucapan, dan
tindakan
- siswa melayani berjalannya nilai
- siswa membuktikan nilai tsb dlm praktik
- siswa memberi solusi berdasar nilai
Taksonomi
sikap
1.
PENERIMAAN:
Kemampuan untuk menunjukkan atensi dan
penghargaan terhadap orang lain
Contoh: mendengar pendapat orang lain,
mengingat nama seseorang
Kata kerja kunci MENERIMA NILAI:
menanyakan, mengikuti, memberi, menahan / mengendalikan diri, mengide
GCntifikasi, memperhatikan, menjawab
2.
RESPONSIF/MERESPIN NILAI Kemampuan
berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan selalu termotivasi untuk segera
bereaksi dan mengambil tindakan atas suatu kejadian.
Contoh: berpartisipasi dalam diskusi kelas
Kata kerja kunci MERESPON: Menjawab,
membantu, mentaati, memenuhi, menyetujui, mendiskusikan, melakukan, memilih,
menyajikan, mempresentasikan, melaporkan, menceritakan, menulis,
menginterpretasikan, menyelesaikan, mempraktekkan.
3.
NILAI DIRI YG DIANUT/MENGHARGAI NILAI: Kemampuan
menunjukkan nilai yang dianut untuk membedakan mana yang baik dan kurang baik
terhadap suatu kejadian/obyek, dan nilai tersebut diekspresikan dalam perilaku.
Contoh: Mengusulkan kegiatan Corporate
Social Responsibility sesuai dengan nilai yang berlaku dan komitmen perusahaan.
Kata kerja kunci MENGHARGAI : Menunjukkan,
mendemonstrasikan, memilih, membedakan, mengikuti, meminta, memenuhi,
menjelaskan, membentuk, berinisiatif, melaksanakan, memprakarsai,
menjustifikasi, mengusulkan, melaporkan, menginterpretasikan, membenarkan,
menolak, menyatakan / mempertahankan pendapat
4.
PENGHAYATAN/ORGANISASI:
Kemampuan membentuk sistem nilai dan budaya
organisasi dengan mengharmonisasikan perbedaan nilai.
Contoh: Menyepakati dan mentaati etika
profesi, mengakui perlunya keseimbangan antara kebebasan dan tanggung jawab
Kata kerja kunci MENGHAYATI: Mentaati, mematuhi, merancang, mengatur,
mengidentifikasikan, mengkombinasikan, mengorganisir, merumuskan, menyamakan,
mempertahankan, menghubungkan, mengintegrasikan, menjelaskan, mengaitkan, menggabungkan,
memperbaiki, menyepakati, menyusun, menyempurnakan, menyatukan pendapat,
menyesuaikan, melengkapi, membandingkan, memodifikasi
5.
KARAKTERISASI/
MENGAMALKAN:
Kemampuan mengendalikan perilaku
berdasarkan nilai yang dianut dan memperbaiki hubungan intrapersonal,
interpersonal dan sosial.
Contoh: Menunjukkan rasa percaya diri
ketika bekerja sendiri, kooperatif dalam aktivitas kelompok
Kata kerja kunci MENGAMALKAN: Melakukan,
melaksanakan, memperlihatkan, membedakan, memisahkan, menunjukkan, mempengaruhi,
mendengarkan, memodifikasi, mempraktekkan, mengusulkan, merevisi, memperbaiki,
membatasi, mempertanyakan, mempersoalkan, menyatakan, bertindak, Membuktikan,
mempertimbangkan
Menerima
Menerima (Receiving)
Memilih, Mempertanyakan, Mengikuti, Memberi, Menganut, Mematuhi,
Meminati
Mendengar
Menanyakan, Menahan diri/Mengendalikan diri,
Mengidentifikasi, Memperhatikan, Menjawab
Menanggapi
Merespon (Responding)
Menjawab
Membantu, Mengajukan, Mengompromikan, Menyenangi, Menyambut,
Mendukung, Menyetujui, Menampilkan, Melaporkan
Memilih
Mengatakan, Memilah, Menolak, Mentaati, Memenuhi, Mendiskusikan,
Melakukan, Menyajikan, Mempresentasikan, Menceritakan, Menulis, Menginterpretasikan,
Menyelesaikan, Mempraktikkan
Menilai
Menghargai (Valuing)
Mengasumsikan
Meyakini, Melengkapi, Meyakinkan, Memperjelas, Memprakarsai,
Mengimani, Mengundang, Menggabungkan, Mengusulkan, Menekankan, Menyumbang, Menunjukkan,
Mendemonstrasikan, Memilih, Membedakan, Mengikuti, Meminta, Memenuhi, Menjelaskan,
Membentuk, Berinisiatif, Melaksanakan, Menjustifikasi, Melaporkan, Menginterpretasikan,
Membenarkan, Menolak, Menyatakan pendapat / Mempertahankan Pendapat, Menghayati
Mengorganisasi (Organization)
Menganut, Mengubah, Menata, Mengklasifikasikan, Mengombinasikan,
Mempertahankan, Membangun, Membentuk pendapat, Memadukan, Mengelola, Menegosiasi,
Merembuk, Mentaati,
Mematuhi, Merancang, Mengatur, Mengidentifikasikan, Mengorganisir,
Merumuskan, Menyamakan, Menghubungkan, Mengintegrasikan, Menjelaskan, Mengaitkan,
Menggabungkan, Memperbaiki, Menyepakati, Menyusun, Menyempurnakan, Menyatukan
pendapat, Menyesuaikan, Melengkapi, Membandingkan, Memodifikasi, Mengamalkan
Karakterisasi (Characterization)
Mengubah perilaku, Berakhlak
mulia, Mempengaruhi, Mendengarkan, Mengkualifikasi, Melayani
Menunjukkan, Membuktikan, Memecahkan, Membiasakan, Melakukan,
Melaksanakan, Memperlihatkan, Membedakan, Memisahkan, Memodifikasi, Mempraktikkan,
Mengusulkan, Merevisi, Memperbaiki, Membatasi, Mempertanyakan, Mempersoalkan,
Menyatakan, Bertindak,
Mempertimbangkan
Learning Taxonomy – Simpson’s Psychomotor Domain
Dave
1. Immitation
Observing and patterning behavior after someone else.
Performance may be of low quality
Keywords copy, follow, mimic, repeat, replicate, reproduce,
trace
2. MANIPULATION
Being able to perform certain actions by memory or following
instructions.
Example:
Copying a work of art. Performing a skill while observing a
demonstrator.
Keywords
act, build, execute, perform
Exp
Being able to perform a skill on one's own after taking
lessons or reading about it. Follows instructions to build a model.
3. PRECISION
Refining, becoming more exact. Performing a skill within a
high degree of precision
Exp
Working and reworking something, so it will be “just right.”
Perform a skill or task without assistance. Demonstrate a task to a
beginner.
Keywords
adapt, constructs, combine, creates, customize, modifies,
formulate
Maaf, keyword untuk precision di atas keliru. Yg bener ini:
Keywords precision
calibrate, demonstrate, master, perfectionism
4. ARTICULATION
Coordinating and adapting a series of actions to achieve harmony
and internal consistency.
Exp
Combining a series of mastulus@yahoo.co.id to produce a
video that involves music, drama, color, sound, etc. Combining a series of
skills or activities to meet a novel requirement.
Keywords
adapt, constructs, combine, creates, customize, modifies,
formulate
5. NATURALISATION. Mastering a high level performance until
it become second-nature or natural, without needing to think much about
it.
Keywords
create, design, develop, invent, manage, naturally
Exp
Maneuvers a car into a tight parallel parking spot. Operates
a computer quickly and accurately. Displays competence while playing the
piano. Michael Jordan playing basketball or Nancy Lopez hitting a golf ball.
Komentar
Posting Komentar