KISI-KISI SOAL UJIAN PEMANTAPAN AGAMA HINDU
KISI-KISI SOAL UJIAN PEMANTAPAN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Satuan Pendidikan
|
:
|
SD
|
Bentuk Soal
|
:
|
Pilihan Ganda
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
|
Banyak Soal
|
:
|
50 Butir
|
Program/Jurusan
|
:
|
-
|
Alokasi Waktu
|
:
|
90 Menit
|
Kurikulum
Acuan
|
:
|
Kurikulum 2013
|
Pengembang
|
:
|
Komang Edi Putra, S.Ag
|
:
|
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
1
|
Memahami
ajaran Sad Ripu sebagai Perilaku yang Patut Dihindari
|
·
Peserta didik
mampu menjelaskan pengertian Sad Ripu
|
Memahami Pengertian
Sad Ripu
|
Disajikan
sebuah pernyataan yang merupakan pengertian yang benar tentang Sad Ripu
|
1
|
·
Peserta didik
mampu memberi contoh musuh-musuh dalam Diri Manusia
|
Mengenal Musuh-musuh
dalam diri Manusia
|
Disajikan
salah satu contoh kontekstual, dan atau Tokoh dalam cerita Mahabharata yang
mencirikan prilaku sad Ripu
|
2, 3, 4, 5, 6, 7
|
||
2
|
Memahami
ajaran Tat Twam Asi dalam Cerita Itihasa
|
·
Peserta didik
dapat menjelaskan Pengertian Tat Twam Asi
|
Memahami Ajaran Tat
Twam Asi
|
Disajikan
sebuah pernyataan yang merupakan pengertian yang benar tentang Tat Twam Asi
|
8
|
|
|
·
Perseta didik
dapat menjelaskan konsep Tat Twam Asi dalam cerita Itihasa.
|
Konsep Tat Twam Asi
dalam Cerita Itihasa
|
Disajikan
salah satu contoh kontekstual, dan atau Tokoh dalam cerita Itihasa yang
mencirikan prilaku Tat Twam Asi
|
9, 10, 11, 12, 13
|
3
|
Memahami
Tiga hutang Manusia yang Dibawa Sejak Lahir
|
·
Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian Tri Rna
|
Pengertian Tri Rna
|
Disajikan
beberapa pernyataan yang merupakan pengertian yang benar tentang konsep
ajaran Tri Rna dalam kehidupan sehari-hari
|
14, 15, 16
|
·
Peserta didik
dapat mengaplikasikan contoh salah satu bagan dari Tri Rna
|
Bagian – bagian Tri
Rna
|
Disajikan
beberapa contoh kontekstual tentang wujud nyata pelaksanaan ajaran Tri Rna
dalam kehidupan sehari-hari yang dikaitkan dengan pelaksanaan Yadnya.
|
17, 18, 19, 20
|
||
4
|
Memahami
Isi Pokok Kitab Suci Bhagawadgita sebagai Pancamaweda
|
·
Peserta didik
mampu menjelaskan ajaran Utama yang terkandung dalam Kitab Bhagawadgita
|
Mengenal
Bhagawadgita
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang keyakinan terhadap isi dan makna yang terkandung
dalam kitab Bhagawadgita
|
21, 22, 23
|
·
Peserta didik
dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam sloka Bhagawadgita
|
Sloka Bhagawadgita
|
Disajikan
jumlah sloka Bhagawadgita dari Bab I sampai dengan Bab VII
|
24, 25, 27
|
||
·
Peserta didik
dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam sloka Bhagawadgita
|
Sloka Bhagawadgita
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang nilai-nilai kepahlawanan, nilai etika, dan
pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari sesuai isi sloka Bhagawadgita
|
26, 28, 29, 30
|
||
5
|
Memahami
Ajaran Panca Sradha sebagai Penguat Keyakinan
|
·
Peserta didik
dapat menjelaskan urutan yang benar dari Bagian bagian-Panca Sradha
|
Bagian bagian-Panca
Sradha
|
Disajikan
pilihan jawaban yang merupakan urutan yang benar dari bagian bagian-Panca
Sradha
|
31
|
·
Peserta didik
dapat menjelaskan pentingnya keyakinan dalam kehidupan
|
Keyakinan dalam kitab suci Rg. Weda
|
Disajikan
sebuah sloka Rg. Weda, peserta didik dapat menjelaskan arti dari sloka
tersebut
|
32
|
||
·
Peseta didik dapat
menyebutkan contoh perilaku baik untuk menghindari perilaku Asubha Karma
|
Contoh bagian-bagian
Karma Phala
|
Disajikan
contoh nyata aplikasi ajaran Karma Phala yang berhubungan dengan 3 ketentuan
buah atau hasil perbuatan, yang selanjutnya dapat menyebabkan kelahiran
kembali.
|
33, 34
|
||
·
Peserta didik
dapat menjelaskan pentingnya keyakinan dalam kehidupan
|
Ajaran Panca sradha
dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
sebuah contoh prilaku yang mencerminkan keyakinan dan kepercayaan kepada Sang
Hyang Widhi.
|
35, 36
|
||
6
|
Mengenal
ajaran Catur Marga Yoga dalam agama Hindu
|
·
Peseta didik dapat
menyebutkan cara untuk mencapai moksah
|
Bagian-bagian Catur
Marga
|
Disajikan
bagian-bagian Catur Marga sebagai wujudnyata untuk mempermudah jalan mencapai
Sang Hyang Widhi.
|
37
|
Sloka dalam kitab
suci Weda
|
Disajikan
salah satu sloka dalam kitab suci weda yang menggambarkan tercapainya
kebahagian abadi (moksah)
|
38
|
|||
·
Peseta didik dapat
melihat atman pada setiap mahluk hidup
|
Atman sebagi sumber
kehidupan
|
Disajikan
sebuah pilihan dari pernyataan bahwa atman adalah sumber dari segala sumber
kehidupan yang menjiwai seluruh mahluk hidup di dunia ini.
|
39
|
||
7
|
Memahami
ajaran Catur Guru
|
·
Peseta didik dapat
menjelaskan cara berbhakti kepada catur guru
|
Catur Guru
|
Disajikan
sebuah pernyataan tentang sebutan untuk anak yang berbhakti kepada Guru
|
40
|
·
Peseta didik dapat
memberikan contoh pelaksanaan Catur
Guru
|
Bagian-bagian catur Guru
|
Disajikan sebuah pernyataan tentang contoh ajaran catur guru di sekolah
|
41
|
||
8
|
Memahami
kemahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai Cadhu Sakti
|
·
Peseta didik dapat
mengetahui sifat-sifat Sang Hyang
Widhi
|
Sifat-sifat Sang Hyang
Widhi
|
Disajikan sebuah contoh pernyataan tentang salah satu sifat Sang Hyang
Widhi
|
42
|
·
Peseta didik dapat
menjelaskan kemahakuasaan sang
Hyang Widhi
|
Bagian-bagian Cadhu
Sakti
|
Disajikan sebuah pernyataan tentang kemahakuasaan sang Hyag Widhi sebagai
pencipta, pemelihara, dan pelebur
|
43
|
||
9
|
Mengenal
Hari-hari suci dalam agama Hindu
|
·
Peseta didik dapat
menentukan hari suci berdasarkan
Wewaran Wuku, dan sasih
|
Nama-nama hari suci
berdasarkan Wewaran Wuku, dan Sasih
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang perayaan hari suci berdasarakan
perhitungan Wewaran Wuku, dan Sasih
|
44, 45, 47
|
·
Peseta didik dapat
menerapkan contoh pelaksanaan Hari
suci Hindu
|
Contoh-contoh
pelaksanaan hari suci Hindu
|
Disajikan pernyataan tentang salah satu bentuk pelaksanaan hari suci
Hindu berdasarkan perhitungan sasih dalam kehidupan sehari-hari
|
46
|
||
10
|
Mengenal
Tempat suci dalam agama Hindu
|
·
Peseta didik dapat
menjelaskan dua jenis tempat suci
|
Tempat suci umum dan
tempat suci khusus
|
Disajikan dua jenis tempat suci yang bersifat umum dan yang khusus yang
ada di daerah setempat
|
48
|
11
|
Memahami
sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia secara singkat
|
·
Peseta didik dapat menjelaskan contoh peninggalan sejarah perkembangan
agama Hindu
|
Peninggalan sejarah
perkembangan agama Hindu di indonesia
|
Disajikan pernyataan dan contoh peninggalan sejarah perkembangan agama
hindu di indonesia.
|
49, 50
|
Komentar
Posting Komentar